Tips Menjaga Kesehatan Selama Haji

Ada banyak tips menjaga kesehatan selama haji yang perlu Anda lakukan. Sebenarnya langkah ini sudah seharusnya dijalankan bahkan sebelum keberangkatan. Hal ini bertujuan untuk menghindari daya tahan tubuh mengalami penurunan ketika sedang fokus menjalankan ibadah di tanah suci.

11 Tips Menjaga Kesehatan Selama Haji

Tidak hanya mempersiapkan finansial saja, nyatanya calon jama’ah haji sudah seharusnya menjaga kesehatan mereka. Hal ini perlu dilakukan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Rangkaian tips ini wajib dilanjutkan ketika sudah sampai di tanah suci demi memastikan tubuh benar-benar sehat.

  1. Rutin Lakukan Medical Check Up

Melakukan medical check up menjadi persiapan yang seharusnya dilakukan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan haji. Nantinya dokter akan menjalankan serangkaian pemeriksaan guna mengetahui apakah kondisi tubuh sedang prima atau bahkan kurang sehat untuk berangkat ke tanah suci.

 Medical check up ini dianggap menjadi salah satu tindakan preventif guna mendeteksi apakah sedang mengalami masalah kesehatan atau tidak. Apabila dijumpai ada gangguan yang diderita, maka dokter bisa mengetahui bagaimana untuk mengatasinya sebelum hari keberangkatan haji.

  1. Minum Banyak Air Putih

banyak minum air putih

Tubuh manusia memang memerlukan air guna menyeimbangkan kerja bagi organ dalam tubuh. Kebiasaan ini nyatanya memiliki banyak manfaat terutama dalam hal lubrikasi sendi, peredaran darah dan oksigen optimal serta menjaga kestabilan suhu selama beraktivitas.

Secara keseluruhan, minum banyak air putih juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga berfungsi untuk melawan bakteri ataupun virus lainnya penyebab infeksi. Salah satu tips ini harus Anda terapkan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan sehingga secara langsung meningkatkan sistem imun.

Lihat : Perlengkapan Umroh Yang Harus Dibawa

  1. Konsumsi Makanan Gizi Seimbang

Makanan yang mengandung gizi seimbang akan mengandung beberapa zat nutrisi mulai dari protein, lemak, kalsium, karbohidrat dan juga kalsium. Anda perlu menyertakan kandungan tersebut dalam menu harian. Misalnya nasi, ikan, yaman, sayur bayam, minum susu dan hidangan ringan bergizi lain.

Jangan lupa untuk mencoba makan makanan yang tinggi serat seperti buah dan sayur. Kandungan ini akan memberikan efek positif bagi sistem pencernaan. Zat gizi lainnya yakni vitamin, mineral dan juga antioksidan juga perlu diimbangi demi melengkapi kandungan nutrisi di dalam tubuh.

  1. Menghindari Makanan dengan Lemak Tinggi

Makanan dengan kandungan lemak tinggi memang terasa sangat menggoda. Terutama jika Anda sudah terbiasa mengkonsumsinya. Misalnya ayam goreng krispi, pizza, kentang goreng atau fast food jenis lainnya. Sayangnya ada banyak zat gizi kurang baik di dalamnya terutama LDL atau kolesterol.

KOlesterol jahat ini akan menghambat fungsi HDL sebagai kolesterol baik untuk bekerja secara normal di dalam tubuh. Tidak hanya itu saja, makanan dengan kandungan sodium tinggi berpengaruh besar terhadap sistem pencernaan. Salah satu akibatnya yakni bisa mengakibatkan sembelit.

  1. Mengonsumsi Makanan Tinggi Vitamin C

Vitamin C terkandung di dalam buah dan sayur sehingga Anda bisa dengan mudah mengkonsumsinya. Jika ingin lebih praktis lagi, maka cobalah untuk mencoba meminum suplemen mengandung vitamin C tersebut atau zat gizi lainnya seperti Vitamin D dan Zinc agar bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Konsumsi suplemen secara teratur dinilai efektif dalam meningkatkan sistem imun bagi tubuh. Vitamin C ini mampu menambah konsumsi cairan sehingga menghindarkan Anda dari dehidrasi. Mengingat lagi bahwa di tanah suci dengan suhu cukup tinggi, maka hal ini tentu seringkali terjadi.

  1. Menjaga Aktivitas Fisik

Seringlah melakukan aktivitas fisik dengan berolahraga secara ringan. Olahraga bisa membuat tubuh menjadi lebih bugar, meningkatkan pergerakan saluran pencernaan dan juga menurunkan kemungkinan konstipasi. Anda pun bisa melakukannya hanya dalam waktu 30 menit tiap harinya.

Anda tidak perlu melakukannya dengan aktivitas yang berat. Bisa saja hanya bersepeda, berenang atau jalan pagi. Beberapa orang bahkan mencoba untuk mengeluarkan keringat melalui naik turun tangga selama beberapa menit. Tentu tips ini bukan hal sulit saat dilakukan.

  1. Melakukan Vaksinasi

Semua calon jama’ah haji akan diwajibkan untuk melakukan vaksinasi meningokokus. Langkah ini bertujuan agar mampu menghindari penyakit meningitis. Pasalnya hal ini juga menjadi salah satu persyaratan sebelum mendapatkan visa haji. Jadi perlu dipenuhi terlebih dahulu.

Ada juga beberapa vaksin tambahan yang dianjurkan untuk dilakukan sebelumnya. Beberapa diantaranya yakni hepatitis A dan B, tifoid, influenza serta pneumokokus. Semua jenis vaksinasi ini dijalankan setidaknya 14 hari sebelum keberangkatan ke tanah suci demi menghindari penyakit tertentu

Informasi Haji Furoda

  1. Menyiapkan Obat Pribadi

Tentu Anda setuju jika hanya diri sendiri yang mengetahui keadaan tubuh sedang prima atau tidak. Jadi sangat penting bagi semua jama’ah haji untuk membawa peralatan pribadi mereka khususnya obat-obatan. Pastikan juga jika persediaannya cukup selama beberapa hari di tanah suci.

Jangan lupa juga untuk melakukan konsultasi dengan dokter pribadi jika diketahui memiliki riwayat penyakit tertentu. Biasanya tenaga kesehatan akan memberikan rekomendasi tertentu apabila akan menuju ke luar daerah yang memiliki jarak tempuh cukup jauh dan juga waktu hingga berhari-hari.

  1. Menjaga Kebersihan dan Rajin Cuci Tangan

Kebersihan menjadi faktor paling penting untuk memastikan bahwa Anda sudah menjaga kesehatan tubuh dengan baik. Khususnya ketika setelah beraktivitas dari luar rumah atau hendak makan, jangan lupa mencuci tangan terlebih dahulu. Harapannya agar tidak ada kuman dan virus ikut tertelan.

Anda pun sudah seharusnya menjalani kebiasaan ini secara rutin. Jika dirasa merepotkan, maka bawa saja hand sanitizer kemana pun ketika pergi sehingga lebih praktis. Barang ini menjadi perlengkapan wajib untuk dibawa agar benar-benar terjaga kebersihannya.

  1. Menggunakan Masker

Suhu tinggi dan angin yang cukup kencang di tanah suci menjadi salah satu perbedaan lingkungan paling jauh jika dibandingkan dengan di tanah air. Demi menghindari debu. Anda bisa menggunakan masker setiap saat sehingga tidak mudah terserang penyakit khususnya di gangguan pernafasan.

Ketika sedang melakukan aktivitas di luar khususnya ibadah tentu seringkali bertemu dengan banyak orang dari berbagai daerah. Tentu kemungkinan tinggi akan tertular virus dari mereka apabila sedang mengidap penyakit tertentu yang tidak diketahui.

  1. Memanfaatkan Waktu untuk Istirahat Sebaik Mungkin

Mengingat bahwa jadwal yang sangat padat selama di tanah suci, Anda perlu memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk istirahat. Hal ini demi menjaga tubuh tetap fit dan bugar meskipun harus mengikuti serangkaian kegiatan selanjutnya dalam waktu cukup singkat.

Anda bisa saja tidur selama perjalanan jika memang tidak sedang ada materi. Jangan hanya melakukan hal-hal yang kurang penting dan sekiranya justru membuat badan menjadi cepat lelah. Pasalnya kegiatan seperti ini dapat membuat tubuh kurang fit untuk melanjutkan kegiatan selanjutnya.

Itulah tadi 11 tips menjaga kesehatan selama haji yang bisa Anda lakukan. Beberapa hal di atas sudah harus menjadi kebiasaan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan sehingga mempersiapkan diri selama perjalanan dan melakukan ibadah di tanah suci.

Leave a Reply