Tips Memilih Travel Umroh & Haji

Tips memilih travel umroh dan haji – Saat ini seseorang yang ingin melaksanakan ibadah umroh dan haji tidak bisa dengan jalur pribadi, melainkan harus menggunakan jasa travel atau biro umroh dan haji.

Semakin tingginya permintaan umroh, saat ini banyak bermunculan agen travel umroh dan haji di berbagai daerah.

Dan para agen travel ini bertugas untuk membantu kesiapan jamaah mulai dari tata cara ibadah, maskapai, hotel, konsumsi, transportasi dan pendampingan dari keberangkatan sampai kepulangan jamaah.

Dan akhir-akhir ini banyak sekali penipuan yang dilakukan oleh oknum travel nakal dengan berbagai modus. Sehingga banyak dari calon jamaah kerugian setelahnya.

Tidak hanya melakukan penipuan, banyak dari travel umroh melakukan praktek ponzi. yaitu dengan menjual harga paket umroh yang sangat murah dan dijanjikan berangkat beberapa tahun kemudian.

Praktek seperti ini dilakukan demi mendapatkan jamaah yang banyak, dan dana yang didapat dipakai untuk menutupi kekurangan jamaah lain.

5 pasti umroh

Supaya terhindar dari para oknum travel umroh seperti diatas, berikut kami rangkum tips memilih travel umroh terpercaya.

  1. Pilih travel umroh yang telah berizin
  2. Cek jadwal keberangkatan
  3. Pastikan kewajaran biaya umroh
  4. Pastikan hotel telah di booking
  5. Pastikan visa

Pilih travel umroh yang telah berizin

Hal yang paling utama, sebelum memutuskan mendaftar umroh adalah memastikan bahwa travel umroh sudah memiliki izin resmi dari pemerintah. Penyelenggara umroh resmi dsiebut PPIU atau Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh. Dan untuk penyelenggara haji disebut PIHK atau Penyelenggara Ibadah Haji Khusus.

Untuk mengecek izin PPIU dan PIHK bisa melalui portal yang disediakan pemerintah di link berikut Cek Izin Travel Umroh.

Atau anda bisa datang langsung ke Kementerian Agama untuk mengkonfirmasi.

Cek jadwal keberangkatan

Pastikan jadwal keberangkatan yang jelas, jadwal keberangkatan bisa ditanyakan kepada pihak travel.

Anda bisa tanya detail tentang tanggal keberangkatannya, menggunaka maskapai apa, apakah sudah booking seat atau belum.

Pertanyaan diatas lumrah ditanyakan kepada travel umroh, karena menyangkut kejelasan perjalanan ibadah nanti.

Pastikan kewajaran biaya umroh

Terjadinya banyak penipuan umroh oleh oknum travel umroh karena biaya yang sangat tidak wajar. Biaya umroh yang normalnya 20-23Juta para oknum menjual dengan harga 15juta.

Jika di kalkulasi, 15 juta hanya cuku untuk biaya tiket PP saja belum komponen biaya lainnya.

Jadi sebelum memilih travel umroh, pastikan harga yang ditawarkan sewajarnya. Karena apa yang dibayarkan adalah apa yang kita dapat.

Pastikan hotel telah di booking

Pastikan juga hotel yang akan di tempati nanti sudah di booking oleh penyelenggara umroh.

Biasanya biro umroh sudah memesan (booking) hotel minimal 1 bulan sebelumnya. Lalu bagaimana cara jamaah mengecek travel sudah membooking hotel?

Mudah saja, biasanya travel mempunyai hotel langganannya. Anda bisa meminta bukti Land Arrangement (LA) yang pernah dibayar oleh travel tersebut.

Pastikan visa

Visa biasanya terbit minimal 1 minggu sebelum keberangkatan, dan kadang juga kurang dari itu. Dikarenakan antrian yang panjang dalam approval visa dan pihak Kedutaan Besar Arab Saudi juga mendahulukan visa dengan keberangkatan terdekat.

Mengenai visa, jamaah tidak ada salahnya aktif menanyakan progressnya sudah sampai mana.

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah jamaah harus aktif mencari informasi mengenai travel umroh dimana akan mendaftar. Mencari informasi bisa langsung ke travel agen tersbut atau bisa mencari nya di internet.

Itu saja tips memilih travel umroh dan haji dari kami, semoga ada manfaatnya.

Leave a Reply