whatsapp
Whatsapp

Saat ini ibadah umroh semakin diminati oleh umat muslim khususnya di Indonesia dikarenakan antrian haji yang sangat panjang. Dikarenakan persyaratan dan cara daftar umroh lebih mudah tanpa masa tunggu. Dan bisa melalui biro umroh/ travel umroh.

Daftar isi

Persyaratan dan cara daftar nya pun tidak terlalu rumit, hanya dengan dokumen pasport dan berkas lainnya jamaah bisa langsung berangkat, tidak perlu harus menunggu ataupun antri seperti ibadah haji. Jadi tidak heran umat muslim di indonesia berbondong-bondong untuk mendaftar umroh.

Persyaratan Umroh

Bagi anda yang hendak mendaftar umroh berikut adalah persyaratan umroh yang harus anda ketahui;

1. Paspor

Pasport, dokumen resmi yang dikeluarkan oleh negara kepada warganya yang mana di dalamnya terdapat identitas pemegang. Pasport adalah syarat seseorang jika hendak keluar negeri. Karena nanti ketika seseorang mendapatkan izin (Visa) untuk masuk ke suatu negara, di pasport ini akan diberi tanda masuk.

Untuk urusan umroh, paspor ini wajib disetor kepada biro travel umroh. Yang mana selanjutnya akan diproses pengajuan visa di kedutaan besar Arab Saudi. Lalu biasanya paspor akan diberikan kepada jamaah ketika keberangkatan menuju tanah suci. 

Klik disini untuk Cara Membuat Paspor

2. KTP

KTP (Kartu Tanda Penduduk), ini juga diperlukan untuk persyaratan umroh. Untuk KTP ini biasanya hanya salinannya saja (Foto Copy).  

3. Kartu Keluarga

Dibeberapa biro umroh, kartu keluarga ini biasanya diminta untuk persyaratan umroh. Akan tetapi beberapa travel hanya mewajibkan jika jamaahnya wanita dan umut diatas 45 tahun.

4. Akta Kelahiran

Akta kelahiran ini wajib diserahkan kepada pihak travel umroh bagi jamaah yang membawa anak. Dan juga wajib melampirkan KK (kartu keluarga).

5. Surat Nikah

Bagi suami istri yang hendak melaksanakn umroh, wajib membawa salinan surat nikah/ akta nikah 

6. Kartu Kuning Meningitis 

Pastikan sudah suntik meningitis miniam 3 minggu sebelum keberangkatan. Kartu kuning ini akan dicek oleh petugas bandara, khususnya kepada jamaah umroh yang akan masuk boarding.

Cara Daftar Umroh

Tara cara untuk daftar umroh insya Allah sangat mudah sekali, selain harus sehat jasmani & rohani, kita juga perlu tahu cara daftar umroh yang benar. Berikut adalah tata cara daftar umroh;

1. Siapkan dana untuk pendaftaran

2. Pilih paket dan tanggal keberangkatan

3. Membayar down paymetn (DP)

4. Serah terima dokumen

5. Mendapatkan perlengkapan

6. Menunggu keberangakatan