Persyaratan Dan Cara Daftar Haji Khusus

Berencana melakukan ibadah haji khusus? Pastikan Anda telah memenuhi kriteria dan mengetahui cara pendaftarannya untuk menghindari hal-hal yang dapat luput. Oleh sebab itu, persyaratan haji khusus dan cara daftar berikut ini akan membantu Anda untuk mempersiapkan diri dan segala hal lain yang dibutuhkan. 

Penjelasan Tentang haji khusus

haji khusus adalah rangkaian ibadah haji yang diselenggarakan oleh biro travel swasta yang disebut PIHK (Penyelenggara Ibadah haji khusus. haji khusus memiliki kelebihan pada jadwal keberangkatannya yang lebih cepat daripada haji reguler. Sementara untuk lama pelaksanaan ibadahnya di tanah suci cukup antar 25 – 27 hari saja. 

Jika mendaftar pada layanan haji reguler maka seseorang perlu menunggu hingga 15 tahun lamanya. Sementara lamanya menunggu keberangkatan untuk haji khusus tentu lebih singkat yakni antara 8 – 9 tahun. Selain itu masih banyak keuntungan lainnya jika mengikuti ibadah haji dengan layanan plus. 

Anda akan menginap di hotel bintang 5 dan mendapat kesempatan menempati maktab VIP serta makan disana selama 3 hari. Meski biayanya sangat mahal namun hal tersebut berbanding imbang dengan segala fasilitas dan kenyamanan yang diberikan.

Informasi Haji Furoda

Beberapa Persyaratan untuk haji khusus

Persyaratan haji khusus dan cara daftar menjadi kunci penting dalam perencanaan ibadah Anda. Lalu bagaimana rangkaian syarat yang harus dipenuhi? Apakah berbeda dengan haji reguler? Berikut penjelasan mengenai persyaratan untuk melakukan haji khusus

  • Beragama Islam yang dibuktikan dengan identitas pada KTP
  • Membayar DP sekitar $4500
  • KTP asli dan fotokopi, KK, akte kelahiran, buku nikah yang juga asli dan disertai fotokopi
  • Pas foto terbaru dengan latar belakang putih ukuran 4×6 sebanyak 10 lembar 
  • Pas foto ukuran 3×4 sebanyak 10 lembar juga
  • Surat Keterangan yang dikeluarkan oleh PIHK (Penyelenggara Ibadah haji khusus

Beberapa Tata Cara Daftar haji khusus

Setelah mengantongi semua persyaratan di atas, maka bersiaplah untuk mengikuti tata cara pendaftaran. Dalam pelaksanaannya haji khusus juga berbeda dengan haji biasa atau reguler. Secara umum tata cara pendaftarannya diatur sebagai berikut. 

  • Lakukan penyerahan semua dokumen dan berkas yang telah disiapkan
  • Tukan biro haji yang memiliki izin resmi dari Kementerian Agama dengan izin yang masih berlaku
  • Melakukan penyetoran biaya haji dengan nominal kurang lebih $4500 untuk mendapatkan nomor porsi pada haji khusus. Pada umumnya pihak biro yang akan mengambilkan nomor porsi tersebut
  • Kemudian tinggal menunggu waktu keberangkatan sesuai yang telah ditentukan, yakni sekitar 8-9 tahun setelah pendaftaran selesai

Beberapa Tips Menyiapkan Biaya haji khusus

Sebuah perjalanan ibadah haji khusus bukanlah rencana kecil. Hal ini merupakan perwujudan niat yang suci untuk memperoleh keberkahan dan ridho ilahi. Mereka yang memiliki niat tulus ini mampu mengupayakan terealisasinya impian meski bukan seorang yang bergelimang harta. Lalu bagaimana caranya?

  • Memperkirakan estimasi biaya keseluruhan sebagai wacana utama dalam memperbulat tekad
  • Mengikuti tabungan haji secara khusus untuk selalu mengalokasikan dana tersebut secara konsisten
  • Patuh komitmen awal dan disiplin keuangan
  • Memilih bank terbaik sebagai pihak yang menyimpan dana haji Anda

Seperti itulah penjelasan tentang persyaratan haji khusus dan cara daftar serta informasi tambahan berupa tips menyiapkan biaya haji khusus. Selain faktor-faktor diatas penting juga bagi setiap calon jamaah haji untuk selalu menjaga kondisi kesehatan sedari jauh hari. 

Leave a Reply