whatsapp
Whatsapp

Panduan Umroh & Haji

Panduan Umroh Haji

Panduan umroh dan haji. Umroh Dan Haji adalah salah satu ibadah yang diwajibkan oleh syariat Islam bagi muslim yang mempunyai kemampuan finansial. Dan tidak hanya kemampuan finansial saja, akan tetapi sehat jasmani & rohani.

Perjalanan ibadah haji & umroh mengunjungi tanah suci Madinah & Mekah butuh waktu yang tidak sedikit, setidaknya butuh waktu minimal 9 hari untuk umroh dan 3 minggu untuk haji.

Tentu persiapan keduanya sangat penting untuk diperhatikan, mulai dari pendaftaran, persyaratan, perlengkapan, manasik dan lain sebagainya.

Berikut akan kami rangkum hal-hal penting yang berkaitan tentang persiapan Haji & Umroh, sebagai panduan bagi calon jamaah yang akan melaksanakannya.

1. Tips Memilih Travel Umroh & Haji

Tips memilih travel umroh & haji. Bagi calon jamaah yang pertama kali akan mendaftar umroh atau haji tentu mempunyai masalah, bagaimana cara memilih travel yang terpercaya. Karena banyak sekali kasus travel umroh yang menipu calon jamaah.

Alih-alih bisa pergi ke tanah suci, yang ada dana jamaah dibawa pergi oleh travel nakal.

Disini kami akan menjelaskan tips-tips memilih travel umroh dan haji

Tips Memilih Travel Umroh Dan Haji

2. Cek Travel Umroh Berizin

Setelah kita tahu bagaimana memilih travel umroh & haji, selanjutnya adalah bagaimana mengecek travel umroh yang sudah berizin.

Izin umroh dan Haji dikeluarkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia kepada travel yang mengajukan dan memenuhi syarat.

Ada 2 jenis izin yang dikeluarkan oleh Kemenag, yaitu PPIU (Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah) & PIHK (Penyelenggara Ibadah Haji Khusus).

Izin umroh & haji masing-masing berbeda. Tidak semua travel yang memiliki izin umroh juga memiliki izin haji khusus.

Untuk cara mengecek travel umroh berizin selengkkapnya disini.

3. Tata Cara Pendaftaran

Tata cara pendaftaran umroh & haji. Setelah anda mendapatkan travel umroh atau haji, langkah selanjutnya adalah melakukan pendaftaran atau registrasi.

Cara pendaftaran insya Allah sangat mudah, biasanya pihak travel akan memandu dan menerangkan dari A sampai Z.

Disini kami akan memberikan gambaran bagaimana cara daftar umroh & haji.

4. Perbedaan Haji & Umroh

Ibadah Haji & Umroh mempunyai perbedaan yang sangat mencolok, dari waktu/durasi, biaya, persyaratan dan cara mendaftarnya.

Untuk umroh, anda bisa kapan saja mendaftar, tanpa harus menunggu dalam waktu tertentu. Akan tetapi, untuk pendaftaran haji tidak semudah umroh. Banyak syarat yang harus dipenuhi.

Dan juga masa tunggu haji yang relatif lama.

Untuk masa tunggu/ antrian haji reguler adalah sekitar belasan tahun. Masing-masing daerah mempunyai masa tunggu/antri yang berbeda-beda. Untuk antrian haji khusus saat ini sekitar 7-8 tahun.

Disini akan kita bahas detail perbedan haji & umroh.

5. Memilih Paket Umroh

Paket umroh yang ditawarkan pihak travel tentu beragam. Standarnya untuk paket umroh ialah paket reguler 9 hari.

Pastikan paket umroh yang akan diambil sesuai dengan budget anda. Karena setiap paket berbeda harga dan fasilitasnya.

Paket umroh juga memiliki kekurangan dan kelebihannya, maskapai, hotel dan lain sebagainya adalah perihal yang wajib diketahui pada saat memilih paket.

Untuk lebih detil memilih paket umroh silahkan klik link berikut.

Paket Umroh

6. Manasik Umroh/ Haji

Sebelum melaksanakan ibadah umroh/haji di tanah suci mekah. ada 1 program yang harus di ikuti oleh calon jamaah, yaitu Manasik.

Apa itu manasik? Manasik ialah belajar praktek umroh/ haji bagi calon jamaah sebelum berangkat ke tanah suci. Di dalam manasik biasanya dijelaskan materi dan prakteknya.

Manasik haji/ umroh dilaksanakan bertujuan agar calon jamaah haji/umroh dapat memahami bagaimana tata cara ibadah haji/ umroh dengan benar.

Di dalam kegiatan manasik ada 1 pembimbing yang akan mengarahkan dan menjelaskan kepada calon jamaah umroh.

Untuk detail penjelasan manasik haji & umroh bisa klik link berikut.

7. Suntik Meningitis

Suntik meningitis menjadi salah satu syarat untuk Haji dan Umroh. Calon jamaah bisa mendapatkan pelayanan suntik meningitis di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) atau Rumah Sakit tertentu.

Semua calon jamaah haji/ umroh wajib melakukan vaksin meningitis, kecuali ibu yang sedang hamil.

Biaya suntik meningitis ialah sekitar Rp. 315.000. Biaya suntik tidak termasuk harga paket, karena vaksin dilakukan sendiri

Alamat Vaksin Meningitis

8. Waktu Terbaik Untuk Umroh

Merencanakan liburan untuk ibadah umroh adalah hal yang sangat berharga, tidak semua orang mudah memanage liburan dengan mudah. Lalu kapan waktu terbaik untuk umroh?

Sebenarnya ibadah umroh sepanjang tahun selalu dibuka oleh pemerintah Arab Saudi. Kecuali setelah Ramadhan sampai pelaksanaan haji.

Ada beberapa waktu terbaik untuk umroh, salah satunya adalah akhir tahun atau di bulan desember.

Alasannya adalah waktu libur yang lumayan panjang, dan bagi pegawai kantoran bisa menggabungkan cuti kerja di akhir tahun untu melaksanakan umroh.

Waktu terbaik untuk umroh yang lainnya bisa klik di link berikut.

Penutup

Perjalanan ibadah haji & umroh sangatlah panjang, tidak satu atau dua hari, butuh persiapan yang sangat matang. Semoga dengan adanya panduan umroh dan haji ini, calon jamaah dapat mendapat gambaran bagaimana mempersiapkan keberangkatannya.

Bagi para pengunjung yang ingin menanyakan perihal apapun tentang haji dan umroh bisa ditanyakan melalui komentar atau bisa melalui whatsapp. panduan ini akan kami lengkapi insya Allah.