Manasik

Manasik adalah pelatihan bagi calon jamaah Haji atau Umroh sebelum berangkat menuju tanah suci. Biasanya manasik diadakan beberapa kali, tergantung penyelenggara yaitu pihak travel/biro.

Untuk manasik Umroh biasanya dilakukan 1 kali, karena untuk ibadah umroh relatif lebih simple daripada ibadah Haji.

Untuk manasik Haji biasanya diadakan lebih dari 2 kali dalam waktu yang sangat intensif. Bahkan bisa diadakan berkali-kali, agar jamaah siap melaksanakan ibadah ketika di Tanah Suci.

Agenda Manasik

Agenda manasik biasanya diadakan di tempat terbuka, lengkap dengan miniatur Ka’bah, Sofa & Marwa. Dan biasanya di kote-kota besar memiliki tempat manasik khusus. Seperti yang ada di jakarta timur yaitu di Asrama Haji Pondok Gede, disana menyediakan tempat untuk manasik haji, sekaligus disediakan miniatur ka’bah, sofwa dan marwah.

Pada dasarnya penyelenggaraan manasik bisa dilaksanakan dimana saja, bahkan bisa melalui online. akan tetapi manasik secara langsung tentu lebih baik.

Manfaat Manasik

Manfaat manasik umroh atau haji sangat besar sekali, diibaratkan ini sebagai latihan bagi jamaah sebelum praktek langsung di Tanah Suci. Jamaah bisa mempersiapkan semua hal, hafalan, bacaan, fisik, perlengkapan dan lain sebagainya.