whatsapp
Whatsapp

Ka'bah

April 11, 2021

Ka'bah adalah sebuah bangunan yang berbentuk seperti kubus yang berada di tengah-tengah Masjidil Haram. Ka'bah adalah kiblat bagi seluruh umat islam di seluruh dunia. Ka'bah terletak di kota Mekkah Saudi Arabia.

Di periode Haji jutaan umat muslim dari seluruh dunia melakukan tawaf, mengelilingi ka'bah setiap waktu. Tempat ini tidak pernah sepi dari keramaian orang untuk beribadah Haji, Umroh ataupun ibadah lainnya.

Ka'bah Mekah

Kapan Ka'bah Dibangun?

Sebagaimana yang tertulis di dalam Al-Quran di surat Al-Imran ayat 96; "Sesungguhnya rumah yang mula-mula dibangun untuk (tempat beribadat) manusia, ialah Baitullah yang di Bakkah (Mekah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi semua manusia." 

Ayat diatas menjelaskan bahwa Ka'bah dibangun untuk manusia, bukan dibangun (didirikan) oleh manusia. Dan juga ada beberapa sumber yang diriwayatkan oleh al Azraqiy bahwa Ka'bah dibangun oleh malaikat 2 hari sebelum nabi Adam diciptakan atas perintah Allah Subhanahu Wata'ala.

Dan juga diriwaytkan oleh al-Baihaqy dan yang lainnya bahwa pembangunan dan pemeliharaan ka'bah dilakukan oleh Nabi Adam Alaihis Salam. Di dibeberapa riwayat lainnya dikatakan bahwa pembangunan dan perawatan ka'bah dilakukan oleh Nabi Ibrahim & Anaknya Ismail.

Pembangunan Ka'bah Dengan Harta Halal

Pembangunan ataupun renovasi Ka'bah dengan harta halal, sebagaimana Ibnu Hajar rahumahullah pernah berkata; sebagaimana diriwayatkan oleh Abdur Razaq, Hakim & Thabrani, bahwa bangunan Ka'bah pada zaman jahiliah dibangun dengan batu-batu yang bertumpukan tanpa ada tanah liat atau semacam bahan (semen) pengikat batu. Itu seukuran apa yang dimasuki oleh anak kambing, bentuk seperti huruf D.

Ka'bah pada saat itu belum ditutup dengan atap, hany kain yang dibiarkan terurai ke bawah, dan hanya memiliki 2 sudut. Ka'bah dikelilingi oleh rumah-rumah penduduk Mekah.

Dan ka'bah dibangun dengan bersumber dari harta halal, yaitu dari infaq bersama dengan syarat, harta tersebut bukan dari hasil prostitusi, riba ataupun dari hasil hal yang dzalim. dan semua harta bersumber dari harta yang halal.

Berikut adalah fakta-fakta tentang Ka'bah

  1. Kabah pada zaman nabi belum memiliki tembok.
  2. Tembok dibangun pada masa Umar Bin Khattab
  3. Banjir besar ketika Nabi berumur 35 tahun, dan menghancurkan tembok-tembok ka'bah.
  4. Dibangun dengan harta halal

Sumber : Rumaysho.com & Al-Manhaj