whatsapp
Whatsapp

Ini Dia Perlengkapan Umroh yang Harus Dibawa

Maret 5, 2021

Bagi Anda yang sedang mempersiapkan diri untuk berangkat ke tanah suci, jangan lupa melengkapi berbagai jenis barang sebagai perlengkapan di sana. Pastikan jika membawanya sesuai kebutuhan agar ibadah jadi nyaman dilakukan. Kemudian ini dia perlengkapan umroh yang harus dibawa dengan lengkap.

11 Perlengkapan Umroh yang Harus Dibawa 

Membawa perlengkapan umroh menjadi suatu kebutuhan bagi setiap jamaah agar ibadah bisa dilakukan dengan nyaman dan lancar. Bagi Anda yang tidak membawanya secara lengkap, tentu akan muncul rasa bingung dan repot meskipun termasuk benda sepele. Berikut barang wajib untuk dibawa:

  1. Busana Lengkap dengan Aksesoris

Anda bisa mengelompokkannya menjadi dua macam yaitu ketika ihram dan saat tidak melakukannya. Bagi laki-laki, hanya memerlukan dua lembar kain tanpa jahitan bahkan berupa kaos, celana dan sejenisnya. Jamaah dapat menggunakan aksesoris berupa ikat pinggang dan biasanya ada kantong.

Sementara untuk perempuan, Anda bisa mengenakan busana apa saja saat ihram seperti khimar, jubah atau dress. Intinya harus menutup aurat persis seperti sedang menjalankan sholat. Wanita tidak boleh menggunakan kaos tangan dan cadar. Jadi jangan membawanya terlalu banyak.

  1. Sandal, Sepatu, Kaos Kaki

Perlengkapan satu ini dirasa cukup penting namun seringkali dilupakan. Baik untuk memilih model ataupun jumlahnya ketika sedang membawa ke tanah suci. Bagi laki-laki, bisa mengenakan dengan desain yang tidak menutupi mata kaki karena menjadi syaratnya.

Sementara bagi jama’ah perempuan bisa dibebaskan untuk menggunakan alas kaki model apapun. Jangan lupa membawa tas kecil sebagai tempat menyimpannya. Sepatu atau sandal cadangan menjadi barang perlengkapan umroh harus dibawa karena seringkali hilang saat ditinggal sholat.

  1. Tas atau Koper

Mempersiapkan koper dengan luasan yang cukup dan sesuai kapasitas sudah dianggap sebagai keharusan bagi setiap jama’ah haji. Anda perlu membawanya dalam kualitas baik atau bahkan menambahkan kunci tambahan sebagai cara untuk meningkatkan keamanan dari resiko kehilangan.

Tas yang dapat Anda bawa bisa dalam dua model yakni berukuran sedang untuk diletakkan pada kabin pesawat. Satunya lagi berupa slempang ukuran kecil atau pinggang sehingga memudahkan saat ingin membawa peralatan kecil lainnya seperti dompet, HP dan lainnya ketika hendak pergi kemana pun.

  1. Dokumen Penunjang

Jangan malas-malas untuk mengecek agar dokumen penting ini selalu dibawa ketika Anda sedang bepergian. Hal ini mencakup mulai dari kartu vaksin, tiket pesawat, visa, paspor dan lainnya agar tidak tertinggal. Luangkan waktu demi memastikan jika semuanya sudah siap terbawa di dalam tas.

Dokumen yang kurang lengkap akan menghambat Anda ketika sedang berurusan dengan petugas imigrasi. Tentu hal ini tidak ingin dialami oleh siapa saja sehingga pastikan untuk mempersiapkannya terlebih dahulu demi menghindari kejadian tersebut.

  1. Uang Tunai dan Dompet

Anda perlu menyiapkan uang tunai dalam mata uang riyal secukupnya. Tujuannya agar lebih mudah ketika ingin melakukan transaksi saat menelusuri tanah suci. Nyatanya hal ini penting untuk disiapkan terlebih dahulu meskipun terdengar cukup sepele, misalnya hendak membeli jajanan ringan.

Jadi Anda perlu meletakkan dompet dengan uang tunai sebagian secara terpisah. Tips ini perlu diterapkan mengingat bahwa resiko pencurian masih sering terjadi sehingga masih punya cadangan meskipun jangan sampai kejadian seperti ini terjadi.

  1. HP dan Pengisi Daya 

Sudah dipastikan bahwa Anda selalu memerlukan alat komunikasi ketika berada di tanah suci. HP memang sudah menjadi perlengkapan wajib bagi semua orang khususnya jika mereka tidak ingin terpisah dari rombongan. Jadi pastikan bahwa terus membawanya dengan posisi aman.

Jangan lupa untuk sekaligus membawa pengisi dayanya. Mengingat bahwa kegiatan yang dilakukan akan sangat padat maka kemungkinan tinggi ponsel juga mengalami low bat di waktu-waktu tidak menentu. Anda perlu menyiapkan charger sehingga bisa langsung mengisi ulang dimanapun berada.

  1. Alat Mandi dan Perlengkapan Riasan

Barang untuk umroh yang harus Anda siapkan secara pribadi yaitu alat mandi standar misalnya sabun mandi, sikat dan pasta gigi sekaligus sampo. Tipsnya pilihlah produk bersifat non perfumed. Pasalnya selama ihram, tidak dianjurkan untuk menggunakan item atau barang dengan wewangian.

Begitu pula ketika Anda hendak membawa perlengkapan riasan. Hal ini memang bisa saja dilakukan asalkan tidak mengandung parfum dan wewangian. Beberapa diantaranya seperti bedak, lip balm, hand and body, lipstick dan masih banyak lagi.

  1. Alat Makan Minum

Sebagai perlengkapan makan dan minum, Anda bisa menyiapkannya secara opsional. Pasalnya umumnya sudah disiapkan oleh pihak biro perjalanan itu sendiri sehingga sudah bisa langsung digunakan. Namun tidak ada salahnya jika ingin berjaga-jaga dengan membawa sendok dan garpu.

Anda bisa membawanya dengan bahan yang ringan sehingga tidak akan membuat barang bawaan menjadi berat. Terutama ketika ingin menampung dan minum air zam-zam secara langsung, jangan lupa untuk mempersiapkan botol minum sehingga dapat dilakukan secara berulang-ulang.

  1. Obat Pribadi

Bagi Anda yang memiliki keluhan penyakit tertentu dan diperlukan obat secara khusus, maka jangan lupa untuk membawanya selama perjalanan ke tanah suci. Pastikan jika sebelumnya sudah berkonsultasi kepada tenaga dokter sehingga mereka memberikan rekomendasi secara tepat.

Obat-obatan secara dasar ini biasanya sudah dipersiapkan oleh setiap perusahaan perjalanan umroh dan haji. Namun tidak ada salahnya jika Anda berjaga-jaga sehingga tanpa perlu menunggu untuk meminta terlebih dahulu kepada mereka saat membutuhkannya, misalnya plester luka dan masker.

  1. Panduan Do’a

Perlengkapan yang tidak kalah pentingnya untuk Anda yaitu membawa panduan do’a. Terutama jika masih kesulitan saat menghafalkannya maka disarankan agar membacanya saja demi khusyuknya ibadah dilakukan. Biasanya setiap penyedia biro perjalanan akan memberikannya satu per satu.

Beberapa jamaah juga dengan sengaja menulisnya sendiri sehingga terasa lebih ringkas. Anda pun bisa melakukannya sesuai selera. Pastikan jika selama umroh dan haji dilakukan, lafadz do’a tersebut sudah dapat dibaca meskipun belum hafal sepenuhnya dan harus membacanya pelan-pelan.

  1. Panduan Peta

Bagi kebanyakan warga Indonesia yang baru pertama kali datang ke tanah suci, maka akan merasa jika Masjidil Haram serta Masjid Nabawi menjadi tempat asing. Hal seperti ini akhirnya membuat mereka harus berhati-hati ketika sedang kesana kemari agar tidak terjebak dan tersesat.

Kini Anda sudah bisa memanfaatkan adanya peta denah lokasi dari Masjid Nabawi dan Masjidil Haram. Tujuannya agar tidak pisah dari rombongan sehingga tersesat sendiri saat menentukan jalan keluar. Jadi pastikan jika panduan tersebut selalu berada di dalam tas ketika bepergian ke mana saja.

Itulah tadi ulasan mengenai Ini dia perlengkapan umroh yang harus dibawa. Sudah menjadi keharusan jika menyiapkannya sendiri agar ibadah bisa dilakukan dengan lancar tanpa adanya hambatan. Jangan lupa untuk selalu mengecek berkali-kali terkait barang bawaan demi menghindari adanya pencurian.

One comment on “Ini Dia Perlengkapan Umroh yang Harus Dibawa”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *