Calon Jamaah Haji Tahun 2021 Wajib Vaksin

Alhamdulillah, kabar baik bagi calon jamaah yang tahun 2020 kemarin gagal untuk berangkat haji. Pihak Arab Saudi mengumumkan bahwa bagi siapa yang mendapatkan kesempatan untuk Haji tahun 2021, disyaratkan harus sudah vaksin sempurna, atau 2 kali suntikan.

Sebagaimana yang diberitakan oleh Middle Easte Eye. pada selasa Tanggal 3 Maret 2021, Menteri Kesehatan Arab Saudi, Tawfiq Al Rabiah mengatakan, Vaksinasi bagi calon jamah haji adalah syarat wajib.

Meskipun belum dikomnfirmasi, apakah jamaah dari non saudi nantinya dapat diizinkan untuk mengikuti ibadah Haji tahun 2021.

Petugas Medis Haji Wajib Vaksinasi

Bagi para medis yang akan mendampingi jamaah juga diwajibkan untuk vaksin untuk tahun ini.

Sebagaimana yang di beritakan juga dari Arab News, Menteri Kesehatan Arab Saudi mengatakan

kebutuhan tenaga kesehatan untuk mengoperasikan fasilitas kesehatan penunjang ibadah haji akan dilaksanakan sesegera mungkin.

Pelaksanaaan Haji

Ibadah haji setiap tahunnya jamaah yang ikut serta minimal 2.5juta jamaah dari seluruh dunia.

Namun semenjak pandemi covid19 yang melanda tahun 2020 kemarin. Pihak kerajaan Arab Saudi membatasi bagi siapa saja yang memasuki wilayahnya.

 

Penerima vaksin tidak perlu karantina

Sementara itu, Juru Bicara Kemenkes Arab Saudi, Mohammed al-Abd al-Aly, mengatakan, aturan karantina dikecualikan bagi mereka yang telah menerima vaksin Covid-19. “Siapapun yang menerima vaksin dan telah menjalani dua hingga tiga minggu setelah menyelesaikan vaksinasi, tidak diharuskan untuk karantina setelah kontak dengan orang yang terinfeksi,” kata dia. Dia menambahkan, otoritas kesehatan Arab Saudi terus memantau setiap perkembangan dan fluktuasi fase pandemi Covid-19 dengan seksama.

 

Leave a Reply