whatsapp
Whatsapp

Biaya Umroh

Maret 8, 2021

Adanya pandemic yang menyerang di seluruh dunia ini tentu berdampak pada keberangkatan calon jama’ah ke tanah suci. Banyak dari mereka akhirnya mempertanyakan berapa sebenarnya biaya umroh 2021. Tidak sedikit beranggapan akan mengalami peningkatan cukup drastis akibat COVID-19 ini.

Biaya Umroh 2021

Biaya umroh dari tahun ke tahun pasti mengalami perbedaan. Tidak hanya dipengaruhi oleh naik turunnya kurs dollar ke rupiah, melainkan juga adanya masa pandemic seperti sekarang ini. Batasan jumlah calon jama’ah dianggap menjadi faktor utama kini harganya sedang meningkat.

Biaya umroh 2021 berkisar antara 22 sampai 25 jutaan yang bisa dilakukan selama 10 hari. Tentu saja total tarifnya akan berbeda sesuai dengan pilihan tarif biro Anda masing-masing. Harga tersebut sudah mencakup tiket pesawat terbang dan juga penginapan baik di Mekkah maupun di Madinah.

Biasanya biaya umroh ini memungkinkan calon jama’ah untuk membayarkan sejumlah uang muka terlebih dahulu. Kebanyakan dari agen biro travel akan memutuskan jika pelunasan harus diselesaikan 14 hari sebelum keberangkatan sehingga memudahkan kebutuhan administrasi tiap pengguna.

Biaya Hotel dan Akomodasi Umroh

BIaya hotel yang dibebankan pada setiap calon jama’ah akan bergantung dengan pilihan bintang 5, 4 ataupun 3. Perbedaan khusus ini biasanya terletak pada jarak dari penginapan untuk menuju ke pusat ibadah, seperti Masjid Nabawi dan juga Masjidil Haram. Hal ini dapat disesuaikan berdasar kebutuhan.

Hotel bintang 5 tentu memiliki tarif penginapan yang paling mahal diantara lainnya. Biasanya akan mencapai 1,5 hingga 2 jutaan untuk setiap malam. Biaya ini dianggap lebih mahal sekitar 40% jika Anda bandingkan di low season ketika jamaah sedang sepi-sepinya menjalankan ibadah umroh.

Semakin dekat tempat penginapan untuk menuju ke pusat ibadah, membuat biayanya menjadi lebih mahal. Hal ini memang membuat Anda tidak perlu berjalan jauh ketika ingin berkunjung ke Masjid Nabawi atau Masjidil Haram, namun pastikan jika sudah menyesuaikan dengan kemampuan budget.

Biaya Tiket Pesawat Umroh

Total biaya umroh sangat dipengaruhi dengan tiket pesawat terbangnya. Sementara harganya bisa saja berubah pada waktu-waktu tertentu misalnya di low season dari Jakarta menuju ke Mekah bisa mencapai sebesar 9 juta rupiah. Hal ini sudah termasuk normal jika dibandingkan masa puncaknya.

Lain halnya bagi kalangan backpacker yang kebanyakan dari mereka memburu tiket pesawat dengan harga murah. Umumnya bisa mendapatkan harga sekitar 7 juta rupiah saja sekaligus untuk pulang dan pergi. Jadi untuk hal ini tidak dapat dipastikan berapa tarifnya karena disesuaikan dengan selera.

Biasanya harga tiket pesawat terbang dan akomodasi penerbangan bisa memberikan kontribusi hingga 40% dalam total biaya umroh. Angka tersebut bisa mencapai 15 jutaan pada jenis paket yang dilakukan di masa low season ataupun regular.

Biaya Visa Umroh

September 2019 silam, pemerintah Arab Saudi telah memutuskan kebijakan baru mengenai biaya pajak dan visa untuk umroh. Hal ini tentu berpengaruh dengan harga yang biasanya ditetapkan oleh setiap agen biro travel sebagai penyedia layanan di bidang ini.

Jadi pemerintah Arab Saudi awalnya hanya memberlakukan adanya pajak progresif untuk tiap jamaah yang melakukan ibadah umroh lebih dari satu kali dalam waktu 2 tahun. Kini kebijakannya telah berubah sehingga setiap calon jama’ah perlu menyesuaikannya.

Perubahan sistem visa tersebut akan dikenakan sejumlah tambahan hingga sekitar 300 SR. Atau jika dirupiahkan menjadi 1,2 jutaan. Biaya ini menjadi salah satu faktor mengapa total keseluruhannya semakin meningkat setiap tahunnya.

Biaya Asuransi Umroh

Tidak hanya biaya visa saja yang berubah, tarif untuk mendapatkan asuransi pun juga sudah mulai diberlakukan semenjak bulan Januari 2020 lalu. Total nilainya akan berpengaruh besar terhadap paket umroh setiap agen biro travel sebelum diumumkan kepada para calon jamaah.

Adanya asuransi umroh ini berhubungan dengan pelayanan kesehatan setiap jama’ah umroh yang akan diperoleh selama 24 jam penuh ketika berada di tanah suci. Tentu hal ini sangat penting mengingat bahwa lingkungan di Mekkah dan Madinah akan sangat berbeda dari Indonesia.

Penyedia asuransi umroh ini telah ditunjuk langsung oleh pemerintah Arab Saudi. Hal ini bertujuan demi memastikan bahwa semua jama’ah mendapatkan layanan yang memuaskan khususnya di bidang medis. Minimal Anda harus mempersiapkan biaya tambahan sekitar 2 jutaan.

Biaya Pendamping Selama Umroh

Biaya total umroh memang memiliki beberapa komponen utama yang memiliki pengaruh besar terhadap harga keseluruhan. Namun Anda tidak boleh melupakan bahwa ada keperluan pendamping selama berkegiatan di sana mulai dari handling bandara, makanan hingga ziarah. Berikut ulasannya:

  1. Handling

Handling di bandara memungkinkan calon jama’ah agar tidak perlu mengurusi barang bawaan mereka lagi setelah turun dari pesawat. Seluruh proses ini sudah ditangani oleh petugas porter di setiap tempat landing. Jadi mereka sudah bisa langsung diantar menuju ke bus untuk tujuan berikutnya.

Sementara handling di hotel juga memiliki tugas yang sama. Setiap petugas akan memastikan bahwa setiap jama’ah haji sudah merasa nyaman akan kebersihan dan kerapihan masing-masing kamar penginapan. Mereka selalu menjamin bahwa jika tiap orang sudah melakukan check in terlebih dahulu.

  1. Makanan Catering

Makanan yang akan diperoleh baik menggunakan catering ataupun fullboard merupakan salah satu layanan akan diperoleh dari tiap jama’ah dari agen biro travel mereka. Hal ini menjadi salah satu pertimbangan ketika Anda sedang menentukan penyedia layanan ini agar tetap merasa nyaman.

Biasanya sering terjadi ketidaksesuaian menu sehingga mempengaruhi selera makan jama’ah. Sementara untuk makanan ringan dan snack juga akan didapatkan oleh mereka khususnya jika sedang dalam perjalanan ziarah. Umumnya mendapatkan nasi box pada saat menuju ke bandara.

  1. Ziarah

Ada banyak biaya ziarah yang perlu Anda persiapkan sebelumnya. Pertama yaitu di Madinah Al Munawwarah dimana setiap jama’ah akan berkeliling ke Madinah untuk mendatangi tempat bersejarah. Beberapa diantaranya mulai dari Masjid Quba, Masjid Khandak, Kebun Kurma dan lainnya.

Sementara untuk ziarah yang dilakukan di Mekkah Al Mukarromah, akan mendatangi beberapa daerah bersejarah mulai dari Arafah, Jabal Tsur, Muzdalifah, Jabal Nur dan Mina. Biasanya setiap biro travel juga memberikan program tambahan untuk berkeliling ke kota.

  1. Pendamping Jamaah

Tidak lupa juga bahwa setiap jama’ah akan memerlukan bantuan pendamping untuk memudahkan mereka dalam menjalankan ibadah. Khususnya jika belum mengetahui tata caranya selama ibadah umroh berlangsung.

Muthowif untuk laki-laki dan muthowif bagi perempuan. Mereka merupakan pendamping yang sudah berpengalaman serta memiliki wawasan agama terstandarisasi. Disamping itu pun sudah mempunyai penguasaan medan baik umroh maupun haji.

Itulah tadi ulasan yang bisa Anda manfaatkan untuk mengetahui apa saja perkembangan dari biaya umroh 2021 dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini sudah wajar akan mengalami perubahan terutama di masa pandemic seperti ini.

One comment on “Biaya Umroh”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *