Berapa Biaya Minimal untuk Umroh?

Tentu banyak pertanyaan mengenai berapa biaya minimal untuk umroh bagi calon pendaftar. Terutama jika mereka memang belum memulai menabung sehingga belum memiliki gambaran keseluruhan kebutuhan yang nantinya perlu dipersiapkan. Tidak heran jikalau masih banyak yang bertanya-tanya terkait nominal biaya.

Komponen Biaya Umroh yang Paling Penting

Dalam keseluruhan total biaya umroh yang harus dikeluarkan pasti ada beberapa komponen paling penting dan tidak bisa ditinggalkan. Hal ini perlu Anda ketahui sebelum memilih biro travelnya. Berikut diantaranya:

  1. Tiket Pesawat

Pesawat Saudia Airlines
Pesawat Saudia Airlines, Salah satu pesawat yang sering digunakan untuk umroh dan haji

Satu-satunya armada yang dapat Anda gunakan untuk berangkat ke tanah suci yakni pesawat terbang. Tentu semua sudah tahu jika tiketnya menjadi komponen biaya paling mahal daripada kebutuhan lainnya seperti penginapan ataupun akomodasi selama umroh dilakukan.

Harga tiket pesawat pun bervariasi. Kabarnya paling murah sekitar 9 jutaan dan sementara untuk tertinggi bisa mencapai 19 jutaan. Hal ini bergantung dengan jenis maskapai yang Anda pilih sehingga memiliki layanan berbeda-beda bagi setiap penumpang.

  1. Akomodasi Penginapan Hotel Berbintang

Hilton Makkah, Hotel yang terletak didepan Masjidil Haram

Biaya penginapan di sana juga tidak bisa dikatakan murah. Semua jamaah tentu menginginkan kamar yang bersih dan nyaman sehingga dapat beristirahat dengan enak untuk kegiatan selanjutnya. Tentu ada banyak pilihan hotel yang dapat dipilih di sekitar tanah suci dimana memiliki variasi layanan.

Harga penginapan ini berkisar antara 500 ribu hingga 3 jutaan untuk setiap malamnya. Anda pun bisa menjumlahkan sesuai dengan jumlah hari yang akan dihabiskan di sana. Tarif ini akan disesuaikan berdasarkan pilihan kamar sekaligus layanan dari hotel itu sendiri.

  1. Biaya Kegiatan Umroh

Manasik Umroh Jamaah Daytama Sinergi Wisata
Manasik Umroh Jamaah Daytama Sinergi Wisata

Anda pun harus mempersiapkan biaya yang diperlukan untuk melakukan keseluruhan kegiatan umroh secara runtut. Hal ini pun sudah dipersiapkan oleh masing-masin biro travel seperti Daytama Sinergi Wisata sehingga jamaah hanya perlu membayarnya dan terjamin mendapatkan layanan sesuai tarif.

Biaya kegiatan umroh ini akan meliputi manasik, tarif pembimbing, mutawif, bagasi dan masih banyak lagi. Jumlah pastinya disesuaikan dengan masing-masing biro travel yang Anda pilih. Mereka tentunya sudah mempersiapkan sedemikian rupa sehingga jama’ah tidak perlu khawatir lagi saat di tanah suci.

Informasi Haji Furoda

  1. Biaya Visa Umroh

Mengingat bahwa tanah suci ini berada di luar Indonesia, maka kunjunganya akan memerlukan visa. Biaya visa saat ini sepenuhnya gratis bagi jamaah yang belum pernah melaksanakan ibadah umroh, bagi yang sudah pernah melaksanakan umroh dikenakan visa progresif.

Akan tetapi kebijakan pemerintah saudi dapat berubah, apalagi untuk saat ini di masa pandemi. Pemerintah memberlakukan buka tutup perizinan umroh.

  1. Biaya Pembuatan Paspor

Bagi calon jama’ah umroh yang masih belum memiliki paspor, biasanya akan ada tawaran untuk pembuatannya dari jasa biro travel itu sendiri. Anda pun bisa saja menggunakan layanan ini agar lebih mudah daripada harus mengurusnya bersama pihak lainnya.

Biaya pembuatan paspor ini umumnya berkisar antara 600 ribu hingga 1,5 juta. Perbedaan tarifnya akan disesuaikan dengan kecepatan membuatnya sehingga Anda hanya perlu menyesuaikan berdasar kebutuhan penggunaannya. Jadi bisa dikatakan jika pembayaran ini berada di luar kebutuhan utama.

  1. Biaya Suntik Meningitis dan Influenza

Satu hal yang tidak boleh dilupakan yaitu biaya untuk penyuntikan meningitis dan influenza bagi semua calon jama’ah umroh sebelum mereka berangkat. Langkah ini memiliki tujuan tersendiri agar memiliki daya tahan tubuh lebih selama menjalani kegiatan di tanah suci.

Biaya ini juga sama halnya dengan pembuatan paspor dimana di luar harga umroh. Umumnya untuk suntik influenza bersifat kondisional daripada meningitis yang wajib dilakukan demi daya tahan tubuh lebih kuat selama di tanah suci.

Komponen Umroh dalam Harga Agen Travel Umroh

Dari beberapa komponen di atas, Anda perlu mengetahui komponen apa saja yang termasuk dalam harga setiap agen travel umroh termasuk juga Daytama Sinergi Utama. Hal ini  berguna untuk membandingkan layanan satu dengan penyedia biro lainnya.

Beberapa komponen yang pasti sudah termasuk ke dalam harga meliputi tiket pesawat PP, visa umroh dan tambahan negara, transportasi selama di tanah suci, makanan, pembimbing ibadah, manasik, akomodasi penginapan serta perlengkapan lainnya.

Sementara keperluan yang umumnya tidak termasuk di luar harga umum setiap biro travel meliputi mulai dari pembuatan paspor, bagasi melebihi kapasitas acara di luar rundown, pengeluaran pribadi serta transportasi sebelum berangkat bersama. Artinya calon jama’ah harus menyiapkannya sendiri.

Pengaruh Faktor Kurs Terhadap Biaya Umroh

Satu faktor yang tidak boleh dilupakan menjadi pengaruh utama terhadap biaya umroh yaitu kurs dollar akan rupiah. Terutama jika mata uang internasional tersebut sedang mengalami kenaikan. Pada beberapa penyedia jasa layanan umroh, biaya akan dibayarkan menggunakan dollar secara langsung.

Tidak jarang juga beberapa penyedia jasa layanan umroh pun menyediakan pembayaran lewat mata uang rupiah demi memudahkan warga Indonesia saat membayarnya. Hal ini memang memiliki alasan tersendiri, khususnya tiket pesawat, visa, biaya penginapan dan lainnya perlu dibayar dalam dollar.

Pemerintah sendiri pun nyatanya sudah menghimbau kepada seluruh agen tour travel termasuk juga Daytama Sinergi Utama untuk memberikan informasi terbaru kepada calon jama’ah. Hal ini berguna demi menghindarkan adanya kesalahpahaman setelah mereka membayarnya.

Faktor Lain yang Mempengaruhi Biaya Umroh

Ada beberapa faktor lain yang nyatanya ikut mempengaruhi biaya total umroh selain kurs dollar terhadap rupiah. Anda pun perlu mengetahuinya jika ingin menekan pengeluaran namun tetap mampu menjalankan ibadah dengan lancar dan khusyuk. Berikut diantaranya:

  1. Pilihan Waktu Umroh

Pilihan waktu umroh yang Anda pilih nyatanya mampu mempengaruhi biaya totalnya. Pasalnya ketika dijalankan pada musim puncaknya seperti di bulan Ramadhan, Idul Fitri, akhir tahun dan masa lainnya, maka kemungkinan besar akan terjadi kenaikan harga secara keseluruhan dari berbagai sektor.

Pasalnya di beberapa waktu tersebut, tiket pesawat terbang dan hotel berbintang akan ikut mengalami kenaikan atau bahkan sedang tinggi-tingginya. Sebaliknya, jika Anda ingin membayar dengan harga lebih rendah, maka pilihlah di bukan masa puncaknya atau di hari-hari biasa saja.

  1. Pengeluaran Pribadi

Biaya ini tergolong dengan gaya hidup Anda ketika di sana. Pengeluaran pribadi ini bisa meliputi kebutuhan yang sudah umum seperti cuci pakaian, komunikasi dan transportasi. Ketiga kebutuhan ini memang wajar harus dipenuhi ketika berada di sana asalkan masih dalam batas wajar.

Lain halnya ketika Anda justru menghabiskan banyak uang untuk berbelanja souvenir ataupun makanan. Tentu kegiatan seperti ini akan membuat pengeluaran kian membengkak selama berada di tanah suci. Jadi pastikan agar memastikan terlebih dahulu apa saja kebutuhan ketika umroh.

Pertanyaan mengenai berapa biaya minimal untuk umroh memang masih sering ditanyakan oleh para calon jama’ah. Nyatanya ada beberapa komponen yang sudah termasuk ke dalam harga umum sehingga sudah terjamin akan didapatkan oleh masing-masing pengguna biro travel.

Leave a Reply