Berapa Biaya Haji Reguler Terbaru?

Sudah bukan menjadi rahasia umum jika ingin naik haji Anda diharuskan menunggu antreannya. Mengingat yang melaksanakan ibadah tersebut tidak hanya satu dua orang saja, melainkan ada banyak. Apalagi lamanya antrean tidak tanggung-tanggung. Untuk memastikannya, ketahui berapa biaya haji reguler yang saat ini berlaku. 

Biaya Naik Haji Reguler 

Menunaikan ibadah haji memang merupakan sebuah kewajiban bagi umat agama Islam yang mampu dan sanggup melaksanakannya. Mengingat biaya yang tidak kecil, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum memutuskan untuk berangkat. Salah satunya dengan memerhatikan biayanya.

Menurut informasi, tepat pada tanggal 30 Januari tahun 2020 kemarin. Pihak Kementerian Agama dan DPR RI sudah menyepakati beberapa kesepakatan mengenai biaya haji terbaru. Kemudian, biaya tersebut akan tercantum dalam Keputusan Presiden terkait biaya penyelenggaraan ibadah haji.

Nah, dari setiap daerah yang ada di Indonesia pastinya memiliki perbedaan harga untuk bisa naik haji. Seperti pada daerah ibu kota Jakarta, biaya yang dibutuhkan adalah sekitar Rp 34.772.602. Kemudian, di Surabaya Jawa Timur membutuhkan budget berangkat sebesar Rp 37.557.602.

Berapa Lamanya Antrean Untuk Naik Haji?

Tidak hanya dilihat dari aspek finansialnya saja, naik haji juga memerlukan kesabaran ekstra. Pasalnya, Anda tidak bisa langsung melaksanakan ibadah ini karena masih harus menunggu atrean yang pastinya memerlukan waktu beberapa tahun. Setiap daerah yang ada di Indonesia pasti berbeda.

Bahkan ada yang memerlukan waktu sampai dengan 20 tahun lamanya. Hal tersebut memang wajar saja, mengingat kuota jemaah haji yang sangat terbatas. Seperti misal pada daerah Jawa Timur, semua calon jemaah yang ingin menunaikan ibadah haji harus rela menunggu sampai 24 tahunan.

Dari jumlah calon jemaah tersebut, sudah merupakan data terbaru. Mengingat Raja Salman dari Arab Saudi telah memberikan keringanan berupa tambahan kuota jemaah haji sekitar 10.000 di Indonesia. Kemudian, untuk daerah Jawa Barat Anda memerlukan waktu sampai dengan 20 tahunan saja. apakah ada haji langsung berangkat? ya ada, yaitu program Haji Furoda.

Beberapa Persiapan Sebelum Naik Haji 

Sebelum menunaikan ibadah haji, tentu saja Anda harus menyiapkan beberapa persiapan penting terlebih dahulu. Hal tersebut bertujuan agar proses menjalankan ibadahnya bisa lancar tanpa adanya kekurangan. Terlebih Arab Saudi adalah rumah Allah, jadi harus benar-benar menyiapkan diri.

  • Memilih Paket Perjalanan 

Salah satu persiapan yang perlu Anda persiapkan, yaitu paket perjalanan. Hal ini termasuk ke dalam kategori biaya untuk naik haji, itu karena untuk bisa menuju ke Arab Saudi calon jemaah membutuhkan armada yang cocok. Paket ini ada dua opsi, regulan dan juga plus.

Menurut informasi, paket perjalanan ini akan jauh lebih murah. Namun, calon jemaah tetap harus menungguu antrean dengan rata-rata waktu tunggu sekitar 18 tahun ke atas. Jika memilih paket plus maka biayanya akan lebih mahal, bisa mencapai Rp 114.400.000 dengan menunggu 5 tahunan.

  • Menyiapkan Perlengkapan Naik Haji 

Tidak mungkin bila hendak menunaikan ibadah haji, Anda justru tidak menyiapkan perlengkapannya. Padahal hal ini merupakan yang paling penting harus disiapkan setelah biaya. Selama melaksanakan ibadah, calon jemaah haji memerlukan pakaian dan alat pendukung lain ketika sampai di Tanah Suci.

Perlengkapan tersebut bisa Anda temukan di beberapa toko yang memang menyediakan beberapa persiapan berangkat haji. Mulai dari baju untuk ibadahnya, baju untuk sehari-hari, obat pribadi dan masih banyak lagi lainnya. Bila perlu catat supaya tidak terlewat suatu apapun.

Dengan memerhatikan beberapa penjelasan secara lengkap dari berapa biaya haji reguler di atas. Kini Anda telah mengetahui betapa pentingnya menyiapkan perlengkapan sebelum naik haji. Bahkan biaya pun juga perlu dipersiapkan.

Leave a Reply